DSC_0153

Airsoft Gun

Area berbahaya, harus segera diamankan, musuh makin mendekat, laras panjang itu letupkan suara pekak yang dahsyat, dan tiba-tiba, satu korban pun jatuh dan menyerah. Tak lama kemudian, kawanan musuh berhasil  diringkus, bendera putih tanda menyerah berkibar sudah. Inilah bagian paling dramatis dari permainan Airsoft Gun, bak tentara yang hendak menangkap teroris, para penghobi permainan ini begitu menghayati. Alhasil, terjadilah skenario perang yang penuh kejutam. Takl jarang, rasa deg-degan membayang karena peluru yang bisa datang darimana saja.

DSC_0189

DSC_0234

Inilah salah satu permainan berkategori extreme yang melengkapi olahraga sejenis lainnya yang telah lebih dulu ada. Hobi seperti Terbang Layang, Down Hill, Arung Jeram dan Bungy Jumping adalag bagian lain yang semakin banyak peminatnya. Tak terkecuali Airsoft Gun. Belakangan, komunitas ini bertumbuh bak jamur di musim hujan.

Dari sejarahnya, permainan ini awalnya populer di Jepang pada era tahun 70-an. Akibat dari ketatnya peraturan yang melarang dengan tegas kepemilikan senjata api, maka mulailah dikembangkan konsep permainan simulasi kepolisian dan dunia militer. Berbagai desain senjatanya pun nyaris mirip dengan aslinya apalagi jika sudah dimainkan di area yang  mengasyikkan.

Dua dekade berikutnya, permainan ini pun dikenalkan dan berkembang pesat di Eropa dan Amerika Serikat. Sampai akhirnya juga tiba di Indonesia dan mulai digemari oleh banyak insan khususnya anak-anak muda.

Pada dasarnya, Airsoft Gun adalah mainan replika senjata yang berukruan hampir sama dengan jenis senjata aslinya. Mainan replika ini mengadopsi beragam jenis senjata yang ada di dunia, baik dari jenis Pistol. Revolver, Submachine Gun, Assault Rifle, Snioer Rifle, Shotgun. Bahkan yang paling gokil, adapula Bazooka. Wuuiih, serem banget kan?

Walaupun termasuk kategori mainan, Airsoft Gun mampu memuntahkan peluru plastik bulat berukuran 6mm yang biasa disebut BB, baik secara satu persatu (single action), semi otomatis maupun full automatic. Bahkan untuk jenis tertentu bisa digunakan BB aluminium, besi ataupun tembaga. Jadi berhati-hatilah jika Anda penggemar olahraga ini, selalu gunakan peralatan keamanan lengkap sebelum ke medan pertempuran.

Di Indonesia, telah muncul komunitas Airsoft dengan nama Persatuan Olahraga Airsoft Seluruh Indonesia. Wadah terbesar para Airsofter ini dibentuk pada bulan Oktober 2013 silam. Komunitas yang disingkat dengan nama PORGASI ini baru memiliki beberapa perwakilan di beberapa kota, salah satunya adalah Bali.

Dan pada tanggal 7 Februari lalu di BOF Sampi Mokoh Tabanan. Airsoft Gun Bali menggelar lomba yang diikuti dengan antusias oleh para penghobi Airsoft Gun. Bagi yang berminat untuk turut bergabung dengan komunitas ini, bisa dicek alamat mereka di Facebook. Namun jangan lupa, sebelum mencoba, ada tips atau aturan-aturan dasar yang harus Anda ketahui demi keamanan. Seperti pemahaman bahwa permainan ini bertujuan untuk hiburan semata, mencari kesenangan di dalam permainan. Tidak diperkenankan untuk melakukan bentuk kekerasan.

Tidak diperkenankan pula mengenakan jenis senjata lainnya yang bukan berjenis Airsoft Gun. Peralatan seperti pisau atau belati hanya diperuntukan sebagai pembuka jalan, atau membuka tenda. Dan yang paling krusial adalah peralatan keamanan, jika tidak lengkap, kami sarankan untuk jangan sekali-sekali memasuki area permainan.

So, apakah Anda berminat?

Related News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Flag Counter

Copyright © 2018 ISEEBALI . All Rights Reserved . Designed by Literatur Negeri