Composition of various exotic fruits isolated on white background

Asupan Nutrisi Saat Berpuasa

Saat berpuasa, banyak orang yang mengeluh merasa lemas. Tentu akan lemas, karena berpuasa dikenal dengan aktivitas menahan hawa nafsu dengan cara tidak makan dan minum sampai saat yang ditentukan.

Bagi umat Islam yang saat ini sudah memasuki bulan Ramadhan, berpuasa selama satu bulan dengan penentuan waktu  berpuasa menjelang matahari terbit dan berbuka ketika matahari terbenam.

Bagi umat Islam yang saat ini sudah memasuki bulan Ramadhan,berpuasa selama satu bulan dengan penentuan waktu berpuasa menjelang matahari terbit dan berbuka ketika matahari terbenam

Yang menyebabkan faktor lemas saat berpuasa begitu beragam. Akan tetapi, kebanyakan di antara kita lemas karena tidak tahu bagaimana cara memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh saat berpuasa. Berikut adalah lima makanan yang bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menjalankan ibadah puasa.

Biji-bijian

Walaupun berbentuk kecil, biji-bijian seperti kacang tanah dan kedelai memiliki kandungan protein yang besar dan kandungan lemak baik untuk menjaga kebutuhan nutrisi saat berpuasa. Ini yang membuat biji-bijian dianjurkan untuk dikonsumsi saat berpuasa.

Buah-buahan Segar

Hal yang perlu diperhatikan saat berpuasa juga adalah kadar elektrolit dalam tubuh kita. Untuk mengisi elektrolit yang hilang selama puasa, Anda dapat mengonsumsi buah-buahan segar. Karbohidrat kompleks dan penuh serat dapat meningkatkan kadar glukosa secara bertahap dan membantu pencernaan.

Daging, Ayam dan Ikan

Agar kenyang lebih cepat dan lama, ada baiknya Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak protein, dalam hal ini protein hewani. Mengkonsumsi daging sapi, daging kambing, ayam dan ikan akan membuat Anda tetap segar saat berpuasa.

Air

Adalah hal yang terpenting untuk kita perhatikan. Cairkan tubuh saat berpuasa haruslah tetap proposional. Untuk dianjurkan bagi Anda ketika sahur untuk meminum 2 gelas air putih dan berbuka 2 gelas air putih, empat gelas saat aktivitas ibadah malam. Jumlah dari konsumsi air sekitar 1-2 liter air putih, Anda juga bisa mencampurkan dengan 1 liter lemon. Vitamin        C dipercaya baik untuk menghidrasi otot, mengurangi rasa lelah dan lesu.

Demi kesehatan, hindari minuman berkafein seperti soda, kopi, dan teh selama 4-5 hari sebelum bulan Ramdahan.

Kurma

Selain menjadi sunnah yang dikerjakan oleh umat muslim, kurma juga ternyata memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh seperti vitamin A, B6, kalium, natrium alami, besi dan magnesium membuat kurma menjadi menu pilihan utama sebagai takjil saat berbuka puasa. Kurma mengandung gula alami yang dapat memberi energi yang lebih saat melakukan aktivitas ibadah di malam hari seperti shalat Tarawih.

 

Related News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Flag Counter

Copyright © 2018 ISEEBALI . All Rights Reserved . Designed by Literatur Negeri