four businessman and text box above their head.

Be a Great employee, Not a Good Employee

Saya yakin semua orang punya citacita menjadi wirausahawan. Apalagi di tempat saya bekerja saat ini, beberapa teman-teman memutuskan untuk resign demi menekuni keahlian mereka dan menjadi wirausaha. Lalu bagaimana dengan kita-kita yang “ternyata” harus bernasib sebagai “karyawan”? Mungkinkah kita bisa mewujudkan cita-cita atau mapan secara finansial dengan status karyawan? Mungkin banget lho!

 

Competitive Advantage

Competitive Advantage alias kelebihan. Semua manusia di dunia ini pasti punya kelebihan, apapun itu, sekecil apapun itu. List down semua kelebihan Anda dan asah mana yang akan sangat bermanfaat dalam menunjang pekerjaan Anda. Hobi ngerumpi itu juga kelebihan lho. Berarti menjadi marketing bisa jadi salah satu pilihan untuk berkarier. Intinya be an expert, apapun kelebihan Anda itu.

Never ending learning

Setiap dikirim ke workshop atau seminar-seminar, Anda merasa sudah pintar dan ilmu itu biasa-biasa saja, bukan menggurui, tapi saya yakin Anda akan sangat bosan menekuni hari-hari Anda dengan pikiran-pikiran seperti itu. Selalu ada pembelajaran dalam setiap kegiatan kita, walaupun itu cuma sekedar duduk ikut seminar. Tips yang sederhana adalah tulis daily activity Anda selama bekerja dan coba cocokkan dengan bahasan seminar, temukan korelasinya. Jadikan curiosity sebagai lifestyle anda.

Creativity is a Must

Hari gini Anda mau jadi biasa-biasa saja? Oh please, orang tidak akan mengingat Anda, jika Anda adalah sosok yang “datar-datar” saja. Kreatif tidak harus membuat Anda jago melukis, jago desain, jago musik, atau lainnya. Kreatif bisa berarti Anda punya cara-cara unik dalam menyelesaikan atau mengerjakan proyek-proyek kantor Anda. Buatlah sesuatu yang khas, sehingga teman kerja Anda atau nasabah Anda tahu bahwa itu adalah karya Anda. Buat hasil kerja Anda mampu menjadi marketing bagi diri Anda sendiri.

Comfort Zone, Of Course Not

Tantang diri Anda setiap hari dengan selalu mengubah cara kerja, cara memecahkan masalah, cara mencari nasabah, atau cara-cara kerja lainnya. Tulis semua itu dalam daily activity Anda. Kesempatan bisa datang tiba-tiba dan Anda pasti siap jika terbiasa dengan tantangan. Pertama kali Anda pasti sulit, karena tak nyaman, tapi percayalah rasa tak nyaman itu suatu hari worth it.

Talk to Them

Anda harus ingat bahwa organisasi maupun perusahaan besar manapun tidak akan punya cukup mata dan waktu untuk memperhatikan karyawannya demi mempromosikan Anda. Jika Anda yakin, siap dan mampu, maka Anda harus berani untuk mengajukan diri Anda sendiri pada posisi yang Anda inginkan. Jangan pernah menunggu apalagi berharap seseorang melihat Anda untuk sukses, karena penantian Anda pasti sia-sia.

Set a Goal

Tentukan tujuan Anda, tulis, dan review setiap hari. Goal Anda bukan hanya dalam bidang pekerjaan saja lho, tapi dalam seluruh bidang kehidupan seperti kesehatan, finansial, marriage, pensiun, dan lainnya. Menetapkan tujuan dalam segala bidang kehidupan membantu Anda me-review apakah pekerjaan Anda sekarang memang sudah tepat atau apakah kualitas “karyawan” Anda perlu ditingkatkan, sehingga perusahaan berkenan membayar Anda lebih “mahal”
Believe me, posisi puncak masih banyak yang kosong. Jika Anda hanya karyawan, jadilah Great Employee, karena Good Employee sudah banyak bertebaran.

Related News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Flag Counter

Copyright © 2018 ISEEBALI . All Rights Reserved . Designed by Literatur Negeri