buah-berry (blogtunikom4.wordpress.com)

Buah Segar untuk Jantung Sehat

Jantung dan pembuluh darah arteri adalah kesatuan yang tak mungkin dipisahkan. Jantung akan sehat jika arteri Anda bebas dari sumbatan lemak. Sebaliknya, jika arteri Anda tertutup atau terhalang lemak, jantung akan bekerja lebih keras agar darah tetap mengalir ke seluruh tubuh. Itulah sebabny, buah-buahan sangat penting untuk kesehatan jantung kita.

Agar jantung dan arteri tetap sehat, Anda perlu menjaga pola makan agar bebas dari lemak buruk yang berpotensi menyumbat aliran darah. Plus, mengonsumsi makanan-makanan tertentu untuk mencegah dan membersihkan penumpukan lemak jahat di pembuluh darah.

Buah dan sayuran segar merupakan makanan pokok untuk jantung yang sehat, karena mereka membantu menghapus radikal bebas dalam aliran darah serta dapaty melindungi pembuluh. Kali ini, redaksi Money&I mengumpulkan lima buah segar yang bisa menjadi  nutrisi tepat untuk jantung sehat, berikut ulasannya.

  1. Buah Alpukat

Anda suka Alpukat? Ini adalah salah satu buah yang bisa meningkatkan kesehatan jantung. Sebuah studi tahun 1996 yang dilakukan oleh peneliti dari Meksiko menemukan bahwa orang yang makan alpukat setiap hari selama satu minggu mengalami penurunan total kolesterol darah sebesar rata-rata 17 persen. Plus tingkat LDL atau kolesterol buruk menurun dan HDL atau kolesterol baik mereka meningkat.

  1. Buah Apel

Apel dikaitkan dengan rendahnya risiko kematian akibat penyakit jantung koroner dan penyakit cardiovascular. Dalam sebuah studi di Lowa, peneliti Finlandia mempelajari data yang dikumpulkan selama 28 tahun dari 9208 pria dan wanita, dan menemukan bahwa orang yang gemar mengkonsumsi apel memiliki risiko yang sangat rendah untuk menderita stroke dan jantung.

  1. Buah Pisang

Pisang mengandung kalium yang membantu menjaga fungsi jantung dan keseimbangan natrium serta air dalam tubuh. Kalium membantu ginjal mengeluarkan kelebihan natrium, sehingga berkontribusi untuk tekanan darah yang sehat. Mineral ini sangat penting bag i orang yang memakai obat diuretik untuk penyakit jantung.

  1. Buah Berry

Mengkonsumsi buah peri seperti stroberi, bluberry, acai berry, billberry, raspberry, dan aneka jenis buah beri lainnya dikaitkan dengan peningkatan tingkat kolesterol “baik” HDL dan menurunkan tekanan darah, dua hal positif untuk para penderita jantung. Di dalam buah-buahan ini terkandung berbagai polifenol yang mempromosikan kesehatan yang mencakup antosiasianin dan asam elegiac. Polifenol dapat meningkatkan kadar oksida nitrat, sebuah molekul yang menghasilkan efek jantung sehat. Salah satunya adalah membuat rileks pembuluh darah, yang kemudian menghasilkan penurunan tekanan darah.

  1. Kismis

Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan dalam kismis memerangi tumbunya jenis bakteri yang dapat menyebabkan peradangan dan penyakit gusi. Orang yang memiliki penyakit gusi akan mempengaruhi terhadap kesehatan jantung.

Related News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Flag Counter

Copyright © 2018 ISEEBALI . All Rights Reserved . Designed by Literatur Negeri