DSC_0015

Guitar Festival

Ada yang berbeda dalam serangkaian acara Pesta Kesenian Bali (PKB) tahun ini. Yakni pagelaran Bali International Guitar Festival yang untuk pertama kalinya, diselenggarakan sebagai rangkaian dari pesta rakyat tahunan ini. Bertemakan “Cultural Exchange”, para gitaris yang hadir untuk performa dengan membawakan lagu dari daerah mereka masing-masing.

Beberapa nama gitaris papan atas Indonesia, pun juga sejumlah gitaris dari mancanegara, ikut ambil bagian dalam acara Bali International Guitar Festival ini. Daerah yang ikut berpartisipasi di antaranya dari Bali, Pulau Lombok, Jawa. Sementara dari mancanegara, tampak gitaris dari Belanda dan Spanyol yang turut unjuk kebolehan di panggung PKB ke-38 ini.

Tema “Culture Exchange” sendiri diambil sebagai tajuk perdana, dimana para gitaris yang tampil diminta untuk memainkan irama gitar dengan lagu-lagu atau simfoni dari daerah masing-masing.

Anak muda berbakat asal Bali, Sahabiseka membuka penampilannya dengan musik instrumental milik Michael Jackson yang berjudul ‘Love Never Felt So Good’.

Penampilan kedua masih dari tuan rumah, adalah Lukita Wiweka dan Jigo Palawara yang menyuguhkan kolaborasi harmoni dari gitar dan seruling. Musik instrumental yang dimainkan duet muda ini berhasil menghipnotis penonton yang memenuhi Gedung Ksirarnawa Art Centre, tempat berlangsungnya festival ini. Di urutan ketiga, giliran gitaris asal Lombok, Suradipa. Ia lebih memilih musik aroma mistis dari daerah Lombok dengan judul ‘Kadal Nongak’ dan ‘Inaq Tegining Amaq Teganang’. Suasana sakral pun kemudian terasa lekat ketika itu.

Gitaris dari Belanda, Paul Van Schagen mendapat giliran yang dilanjutkan oleh Adolfo Timuat asal Spanyol yang dikenal dengan teknik ‘flamenco’nya. Festival ditutup dengan penampilan Jubing Kristianto, finger style Indonesia. Serta duet dari I Wayan Balawan, bersama I Made Subandi yang dikenal sebagai pemain kendang sekaligus pimpinan di Sanggar Ceraken Batuyang.

Related News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Flag Counter

Copyright © 2018 ISEEBALI . All Rights Reserved . Designed by Literatur Negeri