IMG_2373

Komunitas Ketimbang Ngemis Berdayakan Lansia Agar Tak Menjadi Pengemis

Tidak perlu sebuah alasan untuk dapat membantu seseorang, terutama untuk membantu para lanjut usia yang berjuang tanpa harus mengemis.”

Pernahkah Anda perhatikan, bahwa di Indonesia, banyak sekali lansia (orang lanjut usia) yang masih bekerja dengan gigih? Hal inilah yang menginisiasi dua orang anak muda, Rizky dan Yona untuk memberikan apresiasi kepada para lansia tersebut, melalui komunitas Ketimbang Ngemis, mereka melakukan gerakan dengan memberikan donasi kepada para orang-orang yang tetap giat bekerja di usia senja ketimbang meminta-minta.

Motonya pun berani, “Say No To Ngemis”. Komunitas ini terbentuk satu tahun yang lalu di Yogyakarta, tepatnya pada Juni 2015. Berawal dari kisah Rizky ketika hendak menunaikan sholat Jum’at, melihat seorang nenek tua renta yang berjualan sapu. Karena harus menunaikan sholat, maka Rizky berjalan ke Masjid. Setelah selesai, Rizky mencari nenek tersebut, namun sayangnya ia tidak pernah menjumpai nenek itu hingga kini. Namun darisanalah Rizki kemudian membulatkan tekadnya untuk mendirikan komunitas, maka berdirilah KNB yang kini sudah tersebar di berbagai kota seperti Jakarta, Bandung, Malang, Solo, Semarang, Kudus, Surabaya, Tangerang, Palembang, Banjarmasin dan tentu saja Bali.

Visi misi komunitas ini adalah untuk memberikan inspirasi kepada anak muda, bahwa lansia saja mau berusaha, kenapa kita tidak? Jadi komunitas ini untuk mengapresiasi para lansia tersebut,” ujar Dhimas, selaku wakil ketua komunitas Ketimbang Ngemis Bali.

Sejauh ini event yang sudah dilakukan oleh KNB selain blusukan, adalah garage sale yang dilakukan di wilayah Renon, dimana hasil dari event ini untuk membantu para lansia. KNB juga berpartisipasi di Picafest, dimana komunitas ini menjual merchandise seperti kaos, gantungan kunci dan stiker yang hasil penjualannya tentu untuk membantu para lansia tersebut. Namun secara rutin, pendanaan KNB masih mengandalakan volunteer, donatur, kegiatan bazzar dan support dari komunitas pusat.

Kadang ada beberapa donatur yang datang sendiri memberikan donasi sebagai bentuk apresiasi. Kami juga memiliki akun instagram @ketimbang.ngemis_bali, kami posting kegiatan kami disana dan ada open donasi juga,” kata Dhimas.

Bagi Anda yang berkenan menjadi donatur, dapat menghubungi melalui akun tersebut. Sehingga upaya untuk memberdayakan lansia agar tetap produktif terus terjaga, daripada mereka meminta-minta.

Related News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Flag Counter

Copyright © 2018 ISEEBALI . All Rights Reserved . Designed by Literatur Negeri