How-to-Attract-Top-Performers-to-Your-Company_0212 (www.aktivmind.com)

Management Trainee-MT

Beberapa bulan ini, perusahaan tempat saya bekerja, yaitu BPR Lestari, sedang gencar-gencarnya campaign soal Management Trainee (MT). Program belajar exclusive yang sudah ada sejak saya bergabung 11 tahun silam ini, memang benar-benar butuh konsentrasi extra, baik mengembangkan kurikulum pembelajarannya yang harus selalu kekinian hingga menyeleksi orang-orang terpilih lulusan-lulusan terbaik di seluruh Indonesia.

Di sejumlah perusahaan khususnya swasta, semakin banyak yang membuat program serupa. Mereka merekrut lulusan-lulusan terbaik, menyeleksinya dengan ketat. Mencari yang good attitude and good values, karena persaingan ketat dan tuntutan performance yang lebih tinggi dari officer lainnya. Program MT diharapkan mampu melahirkan sosok kompetitif yang tidak egois. Apakah sebegitunya kah seorang MT? Super employee banget ya… berikut sharing saya apa itu Management Trainee secara umum.

  1. All Access, All Technique, No Limit

Jika anda melamar sebagai karyawan biasa, atau officere biasa, misalnya sebagai Auditor, anda tidak istimewa atau tidak bernilai di mata perusahaan seperti si MT, bukan begitu artinya. Namun, lewat media MT ini, kita memiliki akses belajar yang lebih luas dibanding teman-teman lainnya. Semua teknik dan ilmu pun lebih mudah diperoleh karena MT tidak belajar satu bidang secara mengkhusus, seperti ilmu Audit misalnya. Program MT memberi kesempatan bagi kita untuk tahu lebih banyak, mengerti lebih detail dan paham akan konsep.

  1. Learn from The Best and Based On The Best Practice

Hampir semua perusahaan pasti menyediakan, bahkan memfasilitasi pengembangan karyawannya dengan tutor-tutor terbaik. Berbagai rancang program training disiapkan untuk peningkatan kemampuan nalar dan keterampilan karyawan. Nah, program MT biasanya memfasilitasi lebih dari itu. Kita tidak hanya belajar daro pakar, ahli atau pelaku bisnis langsung seperti Team Leader, Branch Manager, hingga Level Direksi dan Komisaris, tapi kita benar-benar belajar dari orang-orang terbaik di bidangnya dan berdasarkan pengalaman mereka. Teori itu mudah didapat, di internet pun bertebaran, namun kesempatan bertemu, mendengar dan sharing pengalaman dari orang-orang yang sudah “menjadi”, itulah yang tak ternilai. Program MT juga tidak sekadar pembahasan teori semata, biasanya program ini ada masa on the job training alias praktik langsung di berbagai divisi atau unit kerja.

  1. Special Treatment

Management Trainee memang program yang spesifik dibuat untuk level middle up supervise dengan kata lain memang buat jadi “boss” or manager, so sudah pasti perlakuannya sangat istimewa. Mereka terlibat nyata dalam dunia kerja, harus menjalani berbagai tes, analisis dan studi kasus, tuntutan performance dan kemampuan berpikir yang jauh berbeda dari officer-officer lainnya karena being MT is about Make An Impact. MT bisa menjadi salah satu kendaraan penting bagi perusahaan, saat perusahaan memerlukan masukkan, ide-ide baru, efisiensi proses, or evaluasi lainnya yang berbeda dari kebiasaan perusahaan saat ini. Bukan pula berarti officer biasa tidak punya inisiatif untuk melakukan ini, namun biasanya, sebagai officer yang larut pada pekerjaan sehari-hari, kita sering terlupakan untuk melakukan perubahan bukan.

  1. Being A Leader is not the truly goals, it’s a gift

Mengapa saya menulis begitu, karena memang untuk berhasil, menjadi seorang pemimpin atau apapun cita-cita kita, bukanlah tujuan atau esensi utama dari Management Trainee Program. Jangan-jangan nanti Anda malah menyalahkan MT Program saat tidak berhasil jadi leader.

Management Trainee adalah tentang proses pemahaman dan kreasi yang melebihi dari karyawan biasa. Keberhasilan Anda lulus dari MT, semua tergantung pada seberapa kuat Anda lulus dari MT, semua tergantung pada seberapa kuat Anda mendorong diri, memotivasi diri, memantapkan tujuan pribadi untuk berhasil. MT adalah salah satu kesempatan untuk mewujudkan cita-cita, bahkan ambisi untuk belajar lebih tentang sesuatu, dan menjadi “leader” adalah hadiah atas kerja keras itu. Jangan sampai kita merasa bahwa ikut MT sudah pasti bisa menjadi seorang “leader:, ingat, tidak ada yang pasti dalam kehidupan ini kecuali Matahari yang selalu terbit dari arah timur.

Seperti kata bapak kita yang sangat menginspirasi, Handry Santryago dalam bukunya yang berjudul #SHARING :

“Good employess don’t only meet the target, they make impact..”

So, let’s make impact!

Related News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Flag Counter

Copyright © 2018 ISEEBALI . All Rights Reserved . Designed by Literatur Negeri