20160810_174718-01

Pantai Trikora Pulau Bintan – Sunset di Tanah Melayu

Inilah pantai yang memiliki garis panjang di pesisir Timur Pulau Bintan, Kepulauan Riau. Salah satu pantai dengan pasir putih yang indah, ombak yang landai dengan bebatuan yang mempercantik alam. Disekitarnya terdapat perkampungan nelayan yang berjejer rapi, serta resor mewah hingga hutan mangrove.

Berlokasi di Kepulauan Riau, Pulau Bintan memiliki tiga pemerintahan, kota Tanjungpinang yang terletak di Senggarang, Kabupaten Bintan terletak di Bandar Seri Bintan, serta Provinsi Kepulauan Riau di Pulau Dompak (Tanjungpinang) yang berdekatan dengan Singapura.

20160810_174324-01

Terdapat hampir 3000 pulau besar dan kecil yang terbetang di seberang Singapura dan Johor Batu, Malaysia. Bintan adalah pulau terbesar.

Pulau ini melebar dari Malaka ke Laut Cina Selatan. Tujuan wisata yang paling diminati adalah Pantai Trikora, yang eksotis dengan pasir putihnya.

Disekitar pantai, terdapat hutan mangrove, yang bisa ditelusuri dengan menggunakan boat. Ada beberapa hewan seperti monyet, burung, ular yang hidup dikawasan ini. Sungainya sendiri berkelok, dengan warna hijau oleh lumut, yang membuat semakin indah.

“Bukan hanya Pantai Trikora,namun Pulau Bintan juga memiliki wisata lain, seperti wisata alam, ekologi, budaya, serta sejarah. Alternatif wisata yang ada seperti Pantai tanjung Berakit dan perkampungan Nelayan Kawal, serta Air Terjun Gunung Bintan dan Goa Bunung Bintan.”

Sementara masyarakatnya sendiri, berbudaya melayu yang kental. Kebanyakan mereka berprofesi sebagai nelayan, terutama di Desa Berakit atau Desa Nelayan Tradisional.

Banyak aktifitas mereka dilakukan diatas perahu, bahkan tinggal diatas perahu. Namun belakangan, sudah banyak yang mulai tinggal di rumah panggung yang dinding dan lantainya terbuat dari kayu. Keindahan pulai inilah yang menyebabkan pada abad ke-18, pedagang dari Eropa, Portugis, Belanda dan Inggris saling bertarung memperebutkan pulau ini. Pada waktu itu, pulai ini bagian dari Semenanjung Melayu dikuasai oleh Kesultanan Johor-Riau, yang diduduki secara berganti antar Johor-berada di Malaysia saat ini – dan Pulau Bintan, berada di Indonesia saat ini.

Namun penandatanganan Treaty of London di tahun 1884, mengakhiri pertentangan antara Inggris dan Belanda. Di mana semua wilayah teritoris utara Singapura diberikan pada Inggris, sementara wilayah teritoris selatan Singapura diserahkan pada Belanda.

Namun kemudian, Indonesia dan Singapura membuat perjanjian untuk membangun Kepulauan Bintan secara bersama, di mana bentuk pertama dari perjanjian ini adalah pembangunan Bintan Resort, destinasi wisata pantai, seluas 23,000 hektare diatas pasir putih yang menghadap Laut Cina Selatan. Sejak saat itulah Pulau Bintan kemudian menjadi sosok obyek wisata yang berkelas, dan menjadi pusat tujuan dari turis-turis mancanegara.

Related News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Flag Counter

Copyright © 2018 ISEEBALI . All Rights Reserved . Designed by Literatur Negeri