diving1

Perlengkapan Masuk Surga Bawah Laut

Salah satu hobi yang paling diminati di negeri dengan keindahan bawah lautnya yang menawan ini adalah menyelam, atau lebih dikenal dengan nama Diving. Tahu kah Anda, snorkelling atau diving sangat digemari di Indonesia, dan Indonesia adalah salah satu destinasi alam bawah laut terindah sejagad. Destinasi wisata bawah laut seperti Raja Ampat Papua Barat, Gili Trawangan Pulau Lombok, Pulau Menjangan Bali, dan masih banyak lagi. Ini membuat kita berpikir, alangkah ruginya menjadi warga Indonesia, tapi belum sempat menikmati surga bawah laut itu.

Ups, tapi tunggu dulu. Di rubrik lifestyle kali ini, kami sengaja mengajak Anda mengintip apa saja sih yang harus dipersiapkan untuk menjamah surga bawah laut tersebut? agar tak asal nyamplung, berikut adalah alat wajib para diver yang kami kumpulkan dari berbagai sumber.

1. Masker, Snorkel dan Fin

Kita minimal harus memiliki masker, snorkel dan fin. Ketiga peralatan ini hukumnya adalah wajib ada dan dimiliki untuk para penyelam. Bisa saja menyewa, tapi itu belum tentu cocok dan pas di ukuran tubuh kita kan? Misalnya saja masker yang kita sewa kebesaran? Wah, bisa banjir muka kita. Jadi ingat, Masker, Snorkel dan Fin adalah hal yang wajib kita miliki untuk menikmati kehidupan bawah laut.

2. Gauges

Jika Anda sudah tidak sabar untuk semakin mendalami dunia diving, Anda harus mengenal yang satu ini. Gauges adalah indikator yang menunjukkan jumlah udara oksigen yang ada di dalam tabung. Selain itu juga menunjukkan kedalaman, kompas, tekanan udara, dan suhu udara saat menyelam.

3. Weight Belt dan tabung oksigen

Untuk masuk dan nyemplung berenang di dalam laut, berat jenis air laut lebih besar dibandingkan berat jenis tubuh manusia sehingga untuk menyelam membutuhkan alat pemberat. Alat ini disebut Weight Belt semacam ikat pinggang besar yang terbuat dari logam. Inilah fungsi dari Wight Belt, jika tidak ada Weightbelt, dijamin Anda akan kesulitan untuk membuat diri Anda tenggelam.

4. Wetsuit

Perangkat baju selam atau Wetsuit. Wetsuit umumnya terbuat dari bahan neophere, berfungsi sebagai penjaga tubuh agar tetap hangat dan melindungi kulit dari goresan karang. Ini teramat penting untuk keselamatan saat kita menyelam. Karena karang atau makhluk laut lainnya bisa saja secara tidak sengaja melukai kita kan.

5. BCD

Bouyancy Compensation Device adalah jaket yang dapat diisi udara. Fungsi Bouyancy Compensation Device adalah untuk membantu penyelam saat akan menuju permukaan air. Saat BCD ini mengembang tubuh penyelam akan terangkat ke permukaan air.

6. Tabung Oksigen

Sedangkan tabung oksigen digunakan untuk menampung udara yang akan digunakan bernafas di dalam air. Tabung ini mempunyai berbagai jenis ukuran tergantung berapa lama seorang penyelam akan menyelam.

Related News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Flag Counter

Copyright © 2018 ISEEBALI . All Rights Reserved . Designed by Literatur Negeri