DSC_0462

Rumah Topeng Dan Wayang Setia Dharma

Di atas lahan seluas kurang lebih 3,5 hektar, berdiri beberapa bangunan berarsitektur khas Jawa yang lebih dikenal dengan Rumah Joglo. Uniknya, rumah-rumah Joglo tersebut tidak didesain untuk dihuni oleh manusia, melainkan tempat tinggal untuk 1.200 topeng dan 4.700 wayang yang berasal dari berbagai pelosok nusantara maupun negara-negara tetangga. Ya, Setia Dharma adalah sebuah museum bagi ribuan topeng dan wayang, dimana terletak di Dusun Adat Tengkulak Tengah, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Gianyar-Bali.

Menariknya lagi, setiap bangunan Joglo di Setia Dharma mengklasifikasikan topeng dan wayang berdasarkan daerah asalnya. Ada Joglo yang khusus menyimpan topeng Indonesia bagian tengah, maupun ada yang khusus untuk Indonesia bagian timur, barat, dan beberapa negara Asia seperti Jepang, Cina, Malaysia, Thailand, Myanmar, dan Kamboja. Berbagai jenis wayang dari beragam kultur terpanjang indah di sini, baik itu Wayang Kulit Jawa yang khas dengan lakon Mahabrata dan Ramayana. Topeng kreasi yang dipamerkan pun tidak hanya yang berasal dari tradisional, namun ada pula yang merupakan olahan kontemporer dari seni modern.

Tidak hanya berfungsi sebagai museum, Setia Dharma juga membuka ruang bagi para seniman untuk melakukan eksibisi karya dan pertunjukan seni mereka di areanya yang dikelilingi taman tropis. Museum Setia Dharma juga menjadi tempat yang sempurna untuk studi budaya bagi pelajar dan juga para peneliti. Yuk, perkaya khazanah kita lewat peninggalan tradisi yang kian hari kian terlupa ini.

Related News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Flag Counter

Copyright © 2018 ISEEBALI . All Rights Reserved . Designed by Literatur Negeri