Intellectual heavyweight! Model brain with barbells

Senam Sehat Untuk Otak

Semua orang berlomba-lomba menjaga keindahan dan kebugaran tubuh mereka. Beragam latihan fisik dilakukan. Namun, pernahkah terbesit di benak Anda untuk turut menjaga kebugaran otak? Ya, siapa bilang hanya tubuh yang perlu berolahraga, otak juga dibugarkan. Otak itu memiliki peranan penting dalam menjaga kontrol aktivitas pada tubuh manusia. Melansir dari health.kompas.com, Dr. Ruswaldi Munir, Sp.KO berpendapat, bahwa kebugaran otak dapat dicapai, asalkan aliran darah ke otak lancar atau asupan “V O2 max”-nya terbilang memadai. V O2 Max itu sendiri merupakan jumlah maksimum Oksigen yang dapat diambil oleh jantung dan paru-paru, di mana membantu mengalirkan darah lebih banyak ke seluruh jaringan tubuh, termasuk ke otak. Inilah yang nantinya akan menunjang kinerja otak untuk lebih optimal.

Apakah Anda telah mengalami gejala susah konsentrasi, kurang fokus dalam mengerjakan tugas-tugas kantor, mata cepat lelah, kepala terasa pening? Dan Anda tidak ingin cepat pikun kan?
Oke, itu berarti saatnya Anda mulai menjaga kebugaran otak. Satu cara yang paling mudah dan sederhana adalah dengan melakukan senam otak. Senam otak itu sendiri menurut buku Brain Gym karangan Dr. Paul E. Dennison, Ph.D. dan Gail E. Dennison sudah dikembangkan sejak tahun 1970 silam.

Cukup melakukan senam otak selama 7 menit setiap harinya, maka optimalisasi otak akan tetap terjaga. Senam ini fungsinya untuk menstimulasi dan merileksasi otak. Seperti apa senam otak itu? Berikut di bawah ini enam gerakan dasar yang bisa Anda praktekkan!

Mengolengkan Pinggul Lakukan gerakan ini selagi duduk di lantai dengan memposisikan tangan ke belakang, di mana tengah menumpu ke lantai dengan siku tertekuk. Sambil mengangkat kaki sedikit, mulailah untuk mengolengkan pinggul Anda ke kiri dan ke kanan dengan rileks. Gerakan ini mampu mengaktifkan otak untuk kemampuan memahami, memperhatikan, dan belajar.

Gerakan Silang Gerakan kaki dan tangan Anda secara berlawanan, seperti menggerakannya ke depan, samping, atau pun ke belakang. Anda bisa melakukan gerakan ini sambil menyetel musik favorit Anda dan laraskan gerakan tersebut dengan iramanya. Gerakan ini sangat efektif dalam merangsang bagian otak receptive (penerima informasi) dan bagian otak expressive (pengungkap informasi, sehingga dengan mudah dalam meningkatkan daya ingat.

Gerakan Menguap Gerakan ini persis seperti sedang menguap. Buka mulut, kemudian pijat otot-otot di sekitar persendian rahang. Lantas menguaplah sambil bersuara demi melemaskan otot-otot tersebut. Gerakan ini sangat baik untuk meningkatkan daya aktif otak dalam mencapai raihan oksigen yang maksimal. Tentu ini juga akan berdampak positif dalam meningkatkan kemampuan otak untuk memilah informasi.

Mengisi Energi Anda bisa melakukan gerakan ini sambil duduk nyaman di kursi. Caranya, letakan kedua lengan bawah dan dahi di atas meja, kemudian tempatkan tangan di depan bahu dengan jari-jari yang menghadap sedikit ke dalam. Tarik napas dan rasakan bagaimana aliran napas ke garis tengah. Angkat dahi, tengkuk, dan punggung atas. Diafragma dan dada dalam posisi terbuka serta bahu tetap rileks. Gerakan ini mampu mengembalikan vitalitas otak, mengurangi stress, meningkatkan konsentrasi, dan berpikir ebih rasional.

Tombol Imbang Gerakan ini dilakukan dengan menyentuh dua jari pada lekukan di belakang telinga. Di sisi lain, tangan satunya menyentuh pusar selama 30 detik dan semua ini dilakukan secara bergantian. Dalam melakukan gerakan ini, dagu diharapkan dalam kondisi rileks dan posisi kepala menghadap ke depan. Guna dari gerakan ini ialah untuk menyiagakan otak dan meningkatkan daya konsentrasi serta pemikiran asosiatif.

Luncuran Gravitasi Lakukan gerakan ini dengan duduk di kursi sambil menyilangkan kedua kaki. Kemudian, badan ditundukan bersamaan dengan lengan ke depan bawah. Ambil napas saat naik dan buang napas saat turun. Lakukan gerakan ini degan memposisikan kaki secara bergantian.

Gerakan ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan dan koordinasi dalam otak serta mampu meningkatkan energi. Apakah Anda siap melakukan senam otak? Do it anytime and anywhere!

Related News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Flag Counter

Copyright © 2018 ISEEBALI . All Rights Reserved . Designed by Literatur Negeri