Stress

Stress Isn’t Always Your Enemy

Bahasan tentang stres selalu dengan mudah kita temukan. Entah di media masa, media sosial lengkap dengan berbagai tips anti-stres. Memang tidak bisa dipungkiri, setiap hari ada saja hal-hal yang membuat kita merasa tertekan atau tak tahu lagi harus berbuat apa. Namun sesungguhnya, stres justru sedang menyadarkan kita akan hal-hal berikut ini :

1. Change Is Nature

Anda harus siap dengan perubahan, apapun bentuknya. Lingkungan kita setiap
menit berubah, orang-orang yang berubah, selera, gaya hidup, kesenjangan ekspektasi dan satu-satu nya yang bisa kita kontrol hanyalah diri kita sendiri. Yang paling sederhana untuk dilakukan adalah belajar untuk menerimanya. Jika tidak, Anda mungkin akan selalu mengeluh betapa dunia tak adil.

2. Positive self Image & Introspection

Awal dari tekanan adalah kritik, hal-hal yang tak sesuai harapan, ekspektasi yang terlalu tinggi, atau tidak first think first,
sehingga semua seolah menjadi beban Anda seorang. Seringkali, hal-hal buruk menimpa kita hanya untuk membuktikan bahwa kita memang cukup kuat untuk mengatasi itu semua. Jangan terlalu sering menyalahkan diri sendiri atau sebaliknya anda terlalu sombong dan merasa paling berpengalaman. Semua tekanan atau stress anda justru sedang membantu anda melihat kesempatan baru, hal-hal lain yang mungkin bisa anda lakukan untuk selalu bekerja dan berkreasi lebih baik dan mendapatkan yang terbaik.

3. Count your Blessing

Stres seringkali membuat kita lupa diri, larut akan ambisi untuk membuktikan bahwa diri kita benar. Never let the things you want make you forget the things you have. Bersyukur bukan semata – mata Anda lakukan hanya jika saat anda menang tender, naik gaji, bonus, insentif dan semua hal yang berujung materi. Bekerja di tempat Anda saat ini, teman, sahabat, atasan, termasuk orang atau apapun yang memberi tekanan pada Anda adalah sesuatu yang patut Anda syukuri. Bukankah tempat Anda saat ini juga pernah memberikan kebahagiaan bukan? Jika Anda tidak di-challenge, Anda mungkin saja tidak dapat menemukan hal-hal luar biasa tentang diri sendiri. So, lets count your blessing.

4. Pleasant yourself

Kapan terakhir kali Anda ke salon? Atau ke tempat Spa favorit? Atau nonton box office movie di 21? Atau membeli barang apa saja favorit Anda? Setiap orang punya cara sendiri untuk menyenangkan diri sendiri dan itu tidak harus melakukan sesuatu yang menghabiskan atau membutuhkan uang. Anda bisa mendengarkan musik di smarphone Anda, membaca quotes ringan, sesekali main game di tablet anda, atau minum kopi di pantry kantor Anda. Berpalinglah beberapa waktu dari pekerjaan, lakukan kegiatan apa pun yang membuat Anda merasa lebih baik, bahkan jika itu termasuk harus menangis ya menangislah dan pastikan tidak ada orang lain yang tahu air mata Anda.

5. Willing To Feel Awkard

Tidak nyaman, canggung, tak tau harus ngapain? Betul, tidak semua orang mampu berada pada situasi seperti itu. Sudah pasti jika Anda tidak nyaman, pilihan yang ada adalah Anda akan berusaha untuk menyesuaikan diri atau justru tersudut tertekan sendiri. Semakin Anda melatih diri untuk willing to feel awkard maka semakin mudah Anda bisa mengendalikan diri. Perasaan tak nyaman tidak selalu datang dari pekerjaan, namun seringkali dari hubungan pertemanan, pasangan bahkan keluarga Anda sendiri. Kalau boleh jujur, lebih sulit mengatasi itu semua daripada mengatasi ketidaknyamanan karena pekerjaan bukan?

Seperti kata Andrew Bernstein, “ Stress is never given. We experience stress or we don’t, depending on what we believe.”

 

Text by : Ina Lestari

 

 

 

 

Related News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Flag Counter

Copyright © 2018 ISEEBALI . All Rights Reserved . Designed by Literatur Negeri