DSC_0614

Tarian Naga

Meliuk, berbelok dan menukik adalah bagian dari rangkaian Tari Naga sebagai simbol gerakan air di sungai. Saat ini menjadi sajian global yang kerap ditunjukkan dalam seremoni menyambut Tahun Baru Cina.

Tak terkecuali pada Tahun Baru Cina (Imlek) yang  jatuh pada tanggal 8 Februari 2016 lalu. Barongsai menjadi salah satu pertunjukan wajib yang kerap ditampilkan, termasuk di Vihara Satya Dharma Bali.

Barongsai sendiri merupakan pertunjukan tarian Cina yang berbentuk singa atau naga, yang umumnya dimainkan oleh 15 orang, dengan diiringi alat musik berupa simbal atau cai-cai, gong dan tambur.

Tarian ini bertujuan untuk mengusir aura buruk agar berubah menjadi keberuntungan. Inilah alasannya mengapa hampir disetiap event yang digelar oleh warga Tionghoa, selalu menghadirkan pertunjukan Barongsai, seperti acara pernikahan, launching produk atau usaha dan acara-acara sejenis. Selain itu, pertunjukan Barongsai juga menjadi satu hiburan tersendiri, yang saat ini bukan hanya menjadi milik warga Tionghoa semata, namum global. Pertunjukan Barongsai menjadi salah satu dari pertunjukan seni klasik yang menjadi hiburan khas.

Dalam sejarahnya, Barongsai sendiri memiliki sejumlah versi cerita, namun yang paling populer adalah versi Nian atau biasa disebut dengan monster. Yang menceritakan pada masa Dinasti Qing, terdapat seekor monster yang sering mengganggu penduduk di suatu wilayah di Cina. Namun pada akhirnya seekor singa mampu mengalahkan monster tersebut. Namun sang mosnter yang kalah kembali datang untuk balas dendam, sementara rakyat mengharapkan singa penolong datang kembali untuk menyelamatkan mereka.

Namun sayang singa tak kunjung kembali, dan untuk mengelabui sang monster, maka dibuatlah kostum singa yang bergerak seperti singa penolong tersebut. Dan ternyata cara ini efektif, monster pengganggu tertipu dan tak kembali lagi. Itulah sebabnya mengapa kemudian singa dipercaya sebagai bentuk sakral yang diwujudkan melalui Tarian Barongsai.

Related News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Flag Counter

Copyright © 2018 ISEEBALI . All Rights Reserved . Designed by Literatur Negeri