the power of habbit

The Power of Habit – Charles Duhigg

Karakter kita pada dasarnya adalah gabungan dari kebiasaan-kebiasaan kita. Kebiasaan adalah faktor yang kuat dalam hidup kita. Karena konsistensi dan merupakan pola yang tak disadari, maka kebiasaan pun secara terus-menerus, setiap hari mengekspresikan karakter kita dan menghasilkan efektifitas kita atau ketidak efektifan kita.

Dari bangun sampai tidur. Ketika berjalan, bekerja, olahraga, bepergian, makan, maupun santai. Hidup kita telah terpola, tidak bisa lepas dari kebiasaan. Tanpa kita sadari, apa yang kita lakukan setiap harinya memiliki kecenderungan yang sama. Mengerjakan hal yang sama. Kalau pun berbeda, hanyalah sedikit. Organisasi dan perusahaan pun memiliki kebiasaan. Kebiasaan bisa mendatangkan keuntungan maupun kerugian. Kita bisa memilih, yang baik maupun tidak. Tentunya kita pilih kebiasaan yang membangun. Bagaimana membangun kebiasaan?

Pertama, kita lah yang membentuk kebiasaan. Baik atau buruk. Kemudian kebiasaan yang akan membentuk Kita. Kalahkan atau taklukkan kebiasaan buruk Anda. Kalau Anda tidak mampu menaklukkan atau mengalahkan, maka kebiasaan buruk yang akan mangalahkan atau menguasai Anda.

“Bisa dan Biasa”
Masih ingatkah Anda saat pertama kali belajar mengendari motor atau mobil? Awalnya memang sangat sulit dan belum terbiasa. Anda mungkin harus terus memikirkan sudah gigi berapa motor Anda. Sudah dekat lampu merah maka harus rem, melihat spion dibelakangnya, ada kendaraan atau tidak? Menyalakan lampu tanda belok jika ingin masuk jalur kanan atau kiri. Ketika kita masih belajar dan belum terbiasa. Semua hal diatas masih dilakukan atas perintah otak kita. Namun, seiring berjalannya waktu dan karena setiap hari harus mengendarainya, dengan sendirinya hal tersebut menjadi sebuah kebiasaan.

“Bisa dan Biasa” adalah dua hal yang yang berbeda. Anda bisa mengendarai motor, tetapi mungkin Anda tidak terbiasa dengannya. Anda akan kesulitan untuk mengendalikan motor tersebut. Namun jika Anda biasa mengendarai motor otomatis Anda bisa. Maka yang perlu dikembangkan dalam hidup kita maupun dalam perusahaan adalah kebiasaan-kebiasaan (habit) yang positif untuk mendapat hasil yang positif. Habit merupakan salah satu dari sekian banyak elemen yang dapat menentukan keberhasilan dan kesuksesan seseorang atau perusahaan. Kita harus mampu mengidentifikasikan mana habit yang baik dan mana yang jelek.

Bagaimana mengubah kebiasaan?
Mengubah kebiasaan memang tidak mudah, namun bukan berarti tidak bisa. Anda bisa berhenti merokok, berhenti minum alkohol, berhenti nonton TV sepanjang hari, berhenti begadang sepanjang malam. Kita bisa mengubah hidup yang tidak beraturan, tidak berarti, tidak berguna menjadi hidup penuh makna dan berguna. Yang kita lakukan, hanya mengubah kebiasaan kita menjadi kebiasaan yang baik dan positif.

Kebiasaan (habit) adalah sesuatu yang tidak dapat dilihat secara fisik tetapi dapat dirasakan dampaknya bagi kehidupan. Kebiasaan dibentuk ketika seseorang terus-menerus mengulang suatu aktivitas hingga terbiasa.

Untuk membentuk kebiasaan baru yang sesuai dengan keinginan kita, tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama dan tindakan yang terlalu sulit. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 6 minggu. Selama 6 minggu kita harus benar-benar konsisten untuk menjalankannya. Tidak boleh berhenti apapun alasannya. Kalau kita konsisten melakukan maka hidup kita akan memiliki kebiasaan baru yang positif.
Menciptakan kebiasaan yang baik dapat memberikan perbedaan yang signifikan dalam hidup Anda atau perusahaan Anda. Mulai dari hal yang sangat kecil seperti menjadwalkan kegiatan rutin Anda, maka lama kelamaan Anda akan terbiasa dengan hidup yang teratur.

Banyak orang mengaku sudah mencoba untuk mengubah kebiasaan buruk, tetapi tidak bisa. Permasalahannya adalah bukan karena Anda sudah mencoba atau tidak, tetapi sudah berapa kali Anda berusaha dan mencoba untuk mengubah kebiasaan itu. Segala sesuatu harus dimulai dari tekad Anda dan komitmen yang kuat untuk mengubah ke arah yang positif. Coba lakukan tanpa henti di segala cuaca selama 6 minggu, maka keajaiban yang terjadi pada diri Anda.

Karir, bisnis, kesuksesan, serta hubungan dengan sesama; semua hal ditentukan dari kebiasaan yang Anda kembangkan. Tinggal bagian Anda memilih yang dikembangkan. Apakah itu yang positif atau negatif.

Charles Duhigg melalui buku “The Power of Habit”, mengajak kita untuk menjalani kehidupan yang hebat dengan membangun kebiasaan positif.

Related News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Flag Counter

Copyright © 2017 ISEEBALI . All Rights Reserved . Designed by Literatur Negeri