Timtim

Timor Leste

Tak lagi jadi bagian dari Indonesia memang, namun pesonanya tak pernah lekang. Negeri Timor Lorosa’e [Republik Demokratik Timor Leste] sejak 20 Mei 2002 telah berdiri sebagai negara kecil di sebelah utara Australia dan bagian timur pulau Timor. Wilayah negara ini juga meliputi pulau Atauro, Jaco dan enklave Oecussi-Ambeno di Timor Barat.

Penduduknya diperkirakan berjumlah 1.040.880 jiwa, yang merupakan campuran antara suku bangsa Melayu dan Afrika, sebagian kecil keturunan Portugis. Karena mayoritas penduduk beragama Katolik, maka kini terdapat tiga keuskupan (diosis) yaitu: Diosis Dili, Diosis Baucau dan Diosis Maliana yang baru didirikan pada tanggal 30 Januari 2010 oleh Paus Benediktus XVI.

Namun sayang, sejak merdeka belum banyak perubahan mendasar yang terjadi di negara kecil tersebut. Bank Dunia mengklasifikasikan Timor Leste dengan pendapatan menengah ke bawah. Negara ini masih menderita dampak setelah perjuangan kemerdekaan selama puluhan tahun melawan Indonesia, yang mengakibatkan rusaknya infrastruktur dan banyaknya ribuan pengungsi warga sipil. Walaupun telah merdeka, Timor Leste masih sangat tergantung dengan pasokan barang-barang dari Indonesia mulai dari sembako sampai bahan bakar minyak (BBM) terutama melalui provinsi Nusa Tenggara Timur.

Tomor Leste juga masih tergantung secara politik kepada Portugal, serta mengadopsi mata uang Dolar Amerika Serikat sebagai mata uang yang mengakibatkan daya beli rakyat jauh menurun dibandingkan ketika masih menjadi bagian dari Indonesia.

Related News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Flag Counter

Copyright © 2018 ISEEBALI . All Rights Reserved . Designed by Literatur Negeri