DSC_4907

Tradisi ‘Lukat Geni’ Pembersihan Diri dengan Bara Api

Lukat Geni berasal dari kata Lukat atau Mlukat yang memiliki makna membersihkan diri dari kotoran lahir dan batin, sedangkan Geni berarti api sehingga ritual ini bertujuan untuk membersihkan diri secara lahir dan batin dari kekotoran dengan sarana api.

Salah satu perayaan Lukat Geni berlangsung di Puri Satria Kawan Klungkung, sebagai tradisi yang dilaksanakan pada malam hari setelah pawai Ogoh-ogoh. Dengan senjata utama yaitu daun kelapa kering (danyuh) yang sudah dibakar, lalu dipukul-pukulkan ke badan lawan, yang menimbulkan percikan api, sehingga peserta terlihat mandi bara yang disemarakkan pula dengan bunyi gamelan Baleganjur yang meriah.

DSC_4792

 

 

Setelah perayaan tradisi usai, mereka saling bercanda gurau dan tidak ada sedikitpun dendam yang terlintas, karena peserta memaknai tradisi ini ukan untuk menjadi pemenang, melainkan menjalin kekeluargaan.

Keyakinan dari para peserta bahwa siraman api yang yang berjatuhan  ditubuh mereka tak akan melukai diri para peserta, malah sebaliknya, siraman api tersebut dimaknai untuk membakar kesialan dan wujud pembersihan diri sebelum memasuki Tahun Baru Caka Bali sebagai pribadi yang lebih baik.

Tradisi ini diadakan satu tahun sekali, setiap malam pengrupukan atau sehari sebelum Hari Raya Nyepi. Dengan dilakukannnya tradisi ini, diharapkan dapat melestarikan kebudayaan yang sudah turun-temurun diwariskan.

Related News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Flag Counter

Copyright © 2018 ISEEBALI . All Rights Reserved . Designed by Literatur Negeri